Kamis, 18 Maret 2010

JERAWAT DAN KOMEDO

Jerawat atau acne dalam istilah medisnya, bisa disebabkan faktor eksternal dan internal. Pada usia muda, faktor internal lebih banyak mempengaruhi. Dalam hal ini aktifitas tinggi dari hormon-hormon selama masa pertumbuhan. Jadi, diperlukan usaha yang gigih dalam waktu tak sedikit untuk mengatasi jerawat. Jerawat bisa 'membakat' pada orang-orang tertentu, terutama yang kulitnya relatif berminyak.

Memang jerawat ini mengganggu penampilan, sehingga bisa membuat seseorang menjadi malu dan minder, apalagi bila dalam usia pertumbuhan. Namun jangan berputus asa, sekarang banyak cara untuk mengatasi jerawat. Termasuk bila jerawat membandel akibat adanya kuman P.acne. Bahkan kini sudah tersedia obat khusus untuk membunuh kuman P.acne yang mengeluarkan sekaligus mengeringkan jerawat. Tentunya obat ini disesuaikan dengan tipe jerawat, dan ada aturan pemakaiannya. Juga tersedia obat untuk memulihkan bekas-bekasnya, baik warna hitam maupun lubang bekas jerawat. Namun hati-hati, jangan sembarangan membeli obat krim yang mengandung pemutih, terutama yang mengandung mercury.

Kalau perlu, dilakukan tindakan menggunakan alat "blue light" atau sinar biru dengan panjang gelombang tertentu yang mampu membunuh kuman P.acne dengan cara menembus kulit tanpa luka. Lebih baik lagi bila di kombinasi dengan peeling untuk mengeluarkan, mengeringkan sekaligus memulihkan warna hitam bekas jerawat. Semua itu tentunya lebih baik dikonsultasikan dan di tangani oleh dokter di klinik khusus kecantikan kulit yang berpengalaman.

Perlu di ingat, jangan sampai memencet-mencet ataupun menggaruk jerawat, karena dapat merusak struktur kulitnya, sehingga nantinya akan bertambah parah. Bahkan menjadi nanah akibat masuknya kuman-kuman ke dalam jerawat. Jerawat bersifat kumat-kumatan, artinya kalau sudah sembuh bisa saja di kemudian hari muncul lagi. Biasanya karena ada faktor yang memicu, misalnya pedas, stress, menstruasi, kehamilan, kosmetik, kurang teratur membersihkan wajah sehingga lapisan kulit mati menumpuk menyebabkan pori-pori tertutup lalu menjadi jerawat, dan berbagai sebab lain. Maka perlu minimal sebulan sekali facial atau peeling di klinik kecantikan yang terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar