Kamis, 24 September 2009

10 Gerakan Hilangkan Penat Di Kantor (part 1)

Tidak hanya tangan dan badan bagian atas saja yang lelah jika terlalu lama bekerja di belakang meja. Mata, punggung, pinggang dan kaki juga pasti lelah karena jarang bergerak dan peredaran darah menjadi tidah lancar.Solusinya, jangan menunggu sampai badan anda lelah. Setiap satu jam sekali coba berdiri dan bergerak. Anda bisa melakukan beberapa gerakan di bawah ini. Atau kalau benar-benar tidak sempat karena sibuk, lakukan beberapa saja gerakan diatas kursi. Kemudian lakukan gerakan lain sejam berikutnya. Anda juga bisa melakukan gerakan diatas kursi seperti dibawah ini. Untuk menjaga mata agar tetap sehat, usahakan untuk tetap merilekskan mata. Yuk coba melakukannya.
1. Rilekskan Mata Dan Wajah.
Jika anda bekerja dengan komputer, usahakan untuk mengistirahatkan pandangan anda dari layar setiap 10 menit sekali. Alihkan pandangan dengan melihat keluar jendela, atau sekitar ruangan. Syukur kalau dari tempat duduk ada pemandangan pepohonan hijau yang bisa anda jadikan tempat untuk mengalihkan fokus mata. Setiap 1 jam pejamkan mata. Tekan lembut titik diatas masing-masing alis, dan rilekskan mata. Rilekskan juga wajah, karena tanpa disadari sebagian besar diantara kita sering mengerutkan daerah diantara alis, dahi atau bawah mata (sehingga sering menyebabkan kantung mata). Jika anda mengenakan kacamata, terutama yang agak berat, area telinga juga sering tegang karena menahan beban. Sambil merilekskan wajah, atur nafas. Ambil nafas perlahan dengan lembut, kemudian buang nafas dengan lembut dua kali lebih panjang. Perlahan gerakkan bola mata ke kiri, kanan, kemudian melingkar. Jika mata terasa panas dan lelah, coba gosok telapak tangan kira-kira setengah menit atau hingga terasa hangat. Kemudian pejamkan mata, dan letakkan kedua telapak tangan di masing-masing mata. Rilekskan mata dan juga wajah, tahan selama sekitar satu menit hingga hangat telapak tangan menyebar. Sudah lebih rileks? Anda bisa kembali bekerja.
2. Rilekskan Pergelangan Kaki Dan Betis.
Angkat dan luruskan kedua kaki. Kemudian tekuk pergelangan kaki keatas, dan rasakan otot betis terkontraksi. Setelah itu lakukan sebaliknya, ujung jari menunjuk ke depan, sehingga punggung kaki sejajar dengan tulang kering. Kemudian, gerakkan pergelangan kaki memutar selama beberapa kali. Rasakan daerah itu tidak lagi kaku, dan menjadi lebih lentur. Anda bisa memanfaatkan waktu menelpon, atau bahkan saat bekerja untuk melakukannya.
3. Peregangan Kaki Dan Punggung Bawah Dengan Meja.
Duduk bekerja dalam waktu lama pasti bikin anda lelah. Cobalah gunakan meja untuk membantu mengurangi kepenatan. Berdirilah disamping meja, di tempat yang masih lapang pada bagian belakang dan samping anda. Salah satu tangan berpegangan pada meja untuk menjaga keseimbangan. Kemudian angkat salah satu kaki, tekuk lutut sedikit, dan pelan-pelan gerakkan kaki ke belakang. Tahan sebentar sambil mengatur nafas, kemudian kembali ketempat semula. Ulang beberapa kali, kemudian lakukan yang sama pada kaki satunya. Setelah itu, rentangkan kaki ke samping, tehan beberapa hitungan dan usahakan badan tetap tegap namun rileks. Kembali ke posisi semula. Ulang beberapa kali, dan ulang juga pada kaki satunya. Setelah itu, yuk meregangkan kaki dan punggung bawah. Berdiri di dekat meja dan tembok (untuk berpegangan jika sewaktu-waktu di butuhkan). Tumpangkan salah satu kaki lurus-lurus ke atas meja yang kokoh, kemudian carilah keseimbangan. Agar seimbang, kaki yang menumpu sebaiknya ke arah luar. Rilekskan kepala, ambil nafas, perlahan coba sentuh ujung kaki atau meja. Jangan memaksakan diri. Tahan sebentar, kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan dengan kaki sebelahnya.
4. Peregangan Sekaligus Pembangkit Energi.
Terlalu lama duduk pasti membuat peredaran darah tidak begitu lancar. Dalam keadaan stagnan selama berjam-jam itu jantung di paksa bekerja keras untuk memenuhi pasokan darah keseluruh penjuru tubuh. Setelah beberapa lama bekerja, coba bantu badan atas mendapatkan pasokan darah. Termasuk otak, yang penting mendapatkan asupan oksigen lewat aliran darah. Berdiri tegak, atau bersandar di meja yang kokoh, kemudian perlahan turunkan badan. Rilekskan kepala,leher, bahu, badan dan tangan, seperti boneka kain. Sambil mengatur nafas dengan lembut, rasakan semua ketegangan mengalir turun. Dalam posisi ini peredaran darah kembali lancar ke semua badan bagian atas. Pelan-pelan kembali ke posisi berdiri.
To Be Continue...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar